About ELMO

ELMO atau Elektronika Modern adalah produk terbaru DIGIKIDZ yang di launching pada April 2014.

Mengapa Elektronika ?

Bukan gara-gara latar belakang pendidikan Founder DIGIKIDZ, Ir. Hanny Agustine yang Teknik Elektro atau Electrical Engineering, tapi ada “cerita” nya.

Waktu Ibu Hanny dalam masa istirahat seminggu setelah operasi tiroidnya, di hotel dia membaca koran Singapore Strait Times dan ada satu artikel yang menggelitik hatinya. Artikel ini tentang seorang wanita muda bernama “Ayah Bdeir” yang memutuskan keluar dari pekerjaan topnya di MIT Media Lab yang sangat terkenal di dunia sebagai Universitas paling top untuk bidang Information Technology dan menciptakan LittleBits.

founder littlebits

Dalam artikel itu, Ayah bercerita bahwa dalam pekerjaannya sebagai peneliti di MIT Media Lab dia merasa belum ‘bahagia’. Sebagai lulusan bidang Computer Engineering, dia ingin membuat anak-anak menjadi the MAKER, the CREATOR, the INNOVATOR melalui elektronika yang menyenangkan.

Dia percaya bahwa abad mendatang haruslah dipenuhi dengan anak-anak yang ‘mencipta’ bukan sebagai “konsumen” saja.

Maka dia menciptakan elektronika tanpa solder, tanpa kabel2 rumit, tanpa programming. Modul elektronika ini saling menempel dengan magnet.

Ini cerita selanjutnya dari Ibu Hanny.

“Sesampainya di Jakarta, saya coba cari website dan email Ayah Bdeir dan coba menanyakan apakah bisa membeli produknya untuk saya eksplor. Namun Ayah menjawab di email bahwa dia baru memulai usahanya dengan 2 staf saja dan sama sekali belum siap (tentu saja). Ini tahun 2010″.

“Tahun 2011 saya hubungi Ayah kembali lewat email dan jawaban yang sama saya peroleh bahwa littlebits belum siap, baru ada 6 staf bekerja (keras) mewujudkan mimpi Ayah Bdeir”.

“Tahun 2012, kebetulan saya menghadiri Microsoft Worldwide Developer Conference di Toronto, Kanada. Dan setelah itu saya pergi ke New York (hanya 1 jam pesawat dari Toronto) dengan harapan bisa bertemu Ayah Bdeir di kantornya di New York”.

the story10

“Well, email saya dari sejak berangkat di Jakarta, baru dijawab Ayah Bdeir saat saya sudah berada di New York dengan berita yang cukup menyedihkan yaitu kantor Ayah Bdeir di New York sedang mengalami musibah badai (Sandy) dan kebanjiran parah. Sampai Ayah mengatakan pada saya kalaupun datang ke kantornya, kondisinya sudah kacau balau penuh air dan mereka harus pindah kantor dalam waktu segera”.

Putus harapan deh saya, ini sudah 2 tahun sejak 2010 saya kejar LittleBits. 

“Di tahun 2013 saya coba-coba masuk lagi ke website LittleBits dan kaget karena kantor barunya sudah bagus dan sudah ada 30an staf bekerja. Segera saya email kembali Ayah dan menanyakan kembali apakah saya bisa membeli 1 atau 2 produknya dulu untuk saya eksplor. Ternyata belum juga siap untuk pasar diluar Ameria. Jadi pembelinya baru di Amerika saja, dan belum bisa dibeli di pasar international (Jakarta)”.

Saat itu LittleBits sudah mendapat bantuan modal dari Start up Investor sebesar 6,5 juta dollar sehingga sudah dapat membuat pabriknya di Cina.

“Bulan November 2013, Ayah baru menghubungi saya kembali dan mengatakan dengan sudah beroperasinya pabrik di Cina dan semua persiapan legal international telah selesai, barulah saya bisa memesan produknya. Hmmmm … saya sudah menunggu selama 3 tahun. Akhirnya!!

“Bulan Desember 2013 saya pesan produk LittleBits dan itu saat pertama kalinya saya memegang LittleBits dengan suka cita untuk mulai merancang kelasnya, merancang kurikulumnya”.

“Jadi munculnya produk ELMO ini di DIGIKIDZ penuh cerita dan perjuangan ya … karena kata orang, kalau sudah jatuh cinta ya harus dikejar …… jangan menyerah …… apalagi produk ini bagus dari sisi pengembangan KREATIFITAS anak”.

cir1cir2cir3cir4

“Elektronika itu sebenarnya tidak sulit. Percaya saya :)”.

Yuk sekarang kita jadikan anak-anak yang ‘mencipta’ bukan hanya ‘meng-konsumsi’, supaya anak-anak Indonesia nanti banyak yang jadi pencipta.

Apalagi alasan dibuatnya kelas ELMO ini ?

Satu lagi alasannya, adalah karena kelas ELMO ini menggunakan bahan recycle, bahan daur ulang. Sehingga kita bisa mengajarkan ke anak-anak tentang GO GREEN, SAVE THE PLANET dengan memanfaatkan barang2 bekas pakai seperti gambar di bawah ini untuk projek elektronikanya.

manfaatkan

 


DIGIKIDZ PRODUCTS

Membuat Tricycle, Ala Digikidz – SDIT Auliya

Membuat Salam Boxie Ala Digikidz, SDIT Auliya

Membuat Elektronika Modern Kucing Yang Lucu – SDIT Auliya

Our Fanpage

Digikidz Multimedia Computer | Robotic | iPad Learning Center for Children
Digikidz Multimedia Computer | Robotic | iPad Learning Center for Children